10 Bahan membuat bumbu Marinasi Ayam, Daging dan Ikan

Marinasi adalah proses pengolahan jenis bahan makanan atau proses pembumbuan bahan makanan sebelum dimasak. Proses pembumbuan atau perendaman bahan masakan seperti daging ayam, daging sapi, kambing dan ikan atau berbagai jenis ikan laut yang diolah melalui proses perendaman atau pembumbuan ini juga dapat disebut marinate. Hal ini dilakukan untuk memberikan tingkat rasa yang lebih terasa bumbu rempah-rempahnya hingga dapat meresap sempurna pada daging ayam, daging sapi maupun pada ikan. Proses pembumbuan atau marinasi biasanya dilakukan kurang lebih selama 10 sampai 30 menit atau semalaman sebelum bahan masakan ayam, daging atau ikan dimasak.

Cara membuat bumbu marinasi ayam, daging, ikan

Namun, bila Anda ingin memproses pembumbuan atau merendam bahan masakan dalam waktu yang agak lebih lama, sebaiknya bahan makanan tersebut ditutup rapat dalam wadah atau dapat disimpan dalam lemari es atau freezer. Karena pada dasarnya bahan bumbu untuk marinasi terdiri dari dua jenis bumbu, yaitu bahan bumbu kering dan bahan bumbu basah. Dan untuk kedua bahan bumbu untuk marinasi ini dapat digunakan sesuai dengan cara pengolahannya dan jenis bahan makanan yang akan di olahannya.

Nahh, sebelum anda melakukan proses marinasi, sebaiknya Anda kenali dahulu dari tekstur bahan makanan yang akan Anda marinasi terlebih dahulu. Karena sebagian banyak orang, sering merasa bingung ketika akan mengolah daging ayam, daging sapi atau ikan ketika akan memasak lauk. Terutama dalam hal resep bumbu yang akan digunakan untuk mengolah dan akan dimasak menjadi masakan apa nantinya. Dan tidak sedikit dari kebanyakan ibu runah tangga pada umumnya, seringkali banyak yang asal saja membumbui bahan masakannya tanpa memperhatikan tekstur dari masing-masing bahan masakan yang akan dimasaknya tersebut.

Kita ambil salah satu contoh:
Contohnya daging kambing sangat memiliki bau prengus yang khas dan memiliki tekstur daging yang agak keras bila dibandingkan dengan daging ayam atau ikan. Sehingga pada saat nanti proses pembumbuan atau marinasi bisa ditambahkan dengan bahan bumbu yang aromanya lebih tajam. Dan sedangkan untuk jenis daging ikan memiliki tekstur dagingnya yang lebih mudah hancur, maka dari itu untuk proses marinasinya hanya cukup dengan menggunakan bahan bumbu marinasi yang lebih ringan.

Berikut ini beberapa jenis Bahan-Bahan Bumbu Marinasi yang banyak digunakan untuk proses memarinasi daging ayam, daging sapi, daging kambing atau ikan dan jenis ikan laut lainnya:

1. Garam.
Garam merupakan jenis bumbu ringan yang banyak digunakan untuk memarinasi ikan. Karena ikan merupakan jenis lauk yang mempunyai jenis bau yang khas, sehingga banyak orang yang sebelum memasak ikan selalu menaburi ikan dengan garam dan bahan-bahan marinasi lainnya sebelum ikan dimasak.

2. Merica atau Lada.
Merica atau lada merupakan bumbu yang sering digunakan untuk nahan marinasi ikan dan daging. Karena merica atau lada termasuk kedalam jenis bumbu yang ringan, sehingga sangat sering digunakan untuk bahan marinasi ikan dan jenis ikan laut lainnya. Pada umumnya merica atau lada banyak digunakan sebagai penghilang bau amis pada ikan.

3. Air Perasan Jeruk Nipis.
Air dari perasa jeruk nipis merupakan salah satu bahan yang banyak digunakan untuk menghilangkan bau amis pada semua jenis ikan dan daging. Selain sebagai penghilang bau amis pada ikan, perasan air jeruk nipis juga dapat memberikan aroma segar pada masakan.

4. Perasan Air Jeruk Lemon.
Sama halnya dengan air dari perasan jeruk nipis, bahwa air dari perasan jeruk lemon juga dapat digunakan sebagai penghilang bau amis pada semua jenis ikan, daging dan ayam. Karena air perasan jeruk lemon hanyalah sebagai opsi dari air perasan jeruk nipis yang selain sebagai penghilang bau amis pada semua jenis ikan, juga dapat nerfungsi sebagai penambah aroma rasa segar pada masakan.

5. Asam Jawa.
Asam jawa adalah jenis bumbu yang mempunyai tingkat rasa asam yang tinggi. Perbedaannya dengan jeruk nipis dan jeruk lemon, jika jeruk nipis atau jeruk lemon tidak mampu untuk menghilangkan bau amis pada jenis ikan laut, makan gunakan saja asam jawa sebagai bahan marinasi penghilang bau amis pada ikan laut. Karena tingkat keasaman dari asam jawa yang cukup tinggi, sehingga asam jawa banyak digunakan untuk menghilangkan bau amis pada ikan laut. Caranya dengan melarutkan asam jawa dengan air hangat, lalu melumurinya pada ikan laut. Maka bau amis pada ikan laut pun akan hilang.

6. Bawang Putih.
Bawang putih yang dapat digunakan untuk bahan marinasi ini bisa berupa bawang putih yang dihaluskan atau bawang putih yang berupa bubuk. Pada umumnya jenis bumbu ini sering digunakan untuk bahan marinasi ayam dan daging. Karena selain sebagai bahan marinasi dan bumbu masakan, bawang putih mempunyai berbagai manfaat seperti sebagai obat antibakteri yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri pada tubuh kita.

7. Kunyit.
Salah satu rempah rimpang ini memiliki manfaat untuk mengolah daging kambing. Kunyit yang memiliki aroma tajam biasa digunakan untuk menghilangkan bau prengus pada daging kambing. Dan kunyit juga dapat membuat tekstur daging menjadi lebih empuk dan beraroma, terutama jika kunyit digunakan sebagai campuran bumbu untuk masakan soto atau opor ayam.

8. Nanas.
Buah nanas adalah salah satu jenis buah yang bisa di jadikan bumbu pencencam daging dan sekaligus menjadi alternatif bahan bumbu yang dapat menjadikan pengempuk tekstur daging. Karena kandungan enzim bromelin yang terdapat pada buah nanas merupakan enzim yang dapat membuat daging menjadi lebih empuk teksturnya. Caranya dengan memilih buah nanas yang setengah matang, lalu ambil air perasan atau sari dari buah nanas. Lalu lumuri perasan air dari buah nanas pada daging yang akan dimarinasi, setelah itu diamkan daging selama kurang lebih 30 menit. Maka tekarur daging yang sudah dilumuri air perasan buah nanas tersebut akan menjadi lebih lunak. Karena pada unumnya buah nanas sering digunakan untuk merendam daging sapi atau daging kambing.

9. Daun Tumbuhan Herbs.
Sebagian jenis tumbuhan herbs seperti rosemary, thyme dan oregano pada umumnya sering digunakan untuk menjaei bahan memarinasi daging sapi atau daging kambing maupun daging ayam. Karena jenis tumbuhan herbs ini dikenal memiliki aroma rasa yang khas, sehingga jenis tumbuhan herb ini dapat membuat olahan masakan menjadi beraroma khas dan memiliki cita rasa yang khas juga tentunya.

10. Minyak Zaitun, Salad Oil dan Minyak Kelapa Sawit.
Selain bumbu atau rempah, ada salah satu jenis minyak yang seringkali juga banyak digunakan sebagai bahan marinasi. Dan untuk beberapa jenis minyak yang dapat digunakan sebagai bahan marinasi tersebut adalah minyak zaitun, salad oil dan minyak kelapa sawit. Selain sebagai bahan marinasi, minyak juga berfungsi untuk mempertahankan tekstur daging agar tetap juicy ketika dimasak dan memiliki hasil masakan dengan cita rasa yang khas.
Demikianlah beberapa jenis bahan membuat bumbu marinasi yang pada umumnya banyak digunakan sebagai bahan bumbu marinasi daging ayam, daging sapi atau kambing, maupun ikan laut. Selain karena beberapa jenis bahan bumbu marinasi ini yang sangat mudah didapatkan disekitar kita, dan cara menggunakan bahan bumbu untuk memarinasi ini juga sangat mudah untuk memarinasi daging ayam, daging sapi atau kambing, maupun ikan laut. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menjadikan anda kaya akan wawasan ilmu pengetahuan tentang bahan bumbu yang dapat dijadikan bahan marinasi masakan anda.

0 komentar